Resep Martabak Manis Dengan Berbagai Varian Yang Istimewa

Cemilan khas Indonesia yang istimewa dan disukai banyak orang banyak sekali. Bukan hanya cemila yang memiliki rasa pedas yang banyak disukai. Cemilan manis juga sangat disukai. Cemilan manis yang mempunyai citra rasa lezat dan nikmat bisa anda rasakan di Indonesia. Salah satu cemilan manis yang lezat ada di Indonesia adalah martabak manis. Martabak manis mempunya varian rasa yang istimewa dan juga menggugah selera. Martabak yang berbentuk bulat ini bisa jadi sajian yang menarik untuk anda dan keluarga. Berkumpul bersama keluarga sambil makan martabak akan membuat anda dan keluarga semakin erat lagi. Martabak dipotong menjadi bebrapa bagian dan bisa saling cicip jika membuat varian atau topping yang berbeda. Ingin tahu resepnya?

Berikut resep martabak manis dengan varian yang istimewa.

  1. Martabak Manis Biasa

Resep martabak manis sejatinya dahulu kala hanya memiliki topping original dan sangat sederhana. Jadi tidak seperti sekarang yang banyak varian rasanya. Bahan bahan yang anda butuhkan untuk resep martabak manis biasa adalah tepung terigu 250 gram, susu bubuk sekitar 30 gram, gula pasir sekitar 70 gram, ragi, baking powder, gula pasir 80 gram, 3 butir telur, soda kue dan mentega yang sudah dicairkan. Untuk varian toppingnya anda bisa menyiapkan bahan seperti kacang tanah 70 gram, susu kental manis dan ceres.

Cara membuat martabak manis yang biasa ini adalah anda harus mencampurkan semua bahan yaitu tepung terigu, susu bubuk, gula pasir 70 gram, ragi dan baking powder secukupnya. Tambahkan air sekitar 300 ml. Aduk hingga tercampur semuanya. Kemudian anda aduk di tempat yang berbeda yaitu gula pasir sekitar 30 gram, telur 3 butir, dan soda kue sekitar ¾ sendok makan. Aduk hingga rata. Setelah itu campurkan pada adonan yang pertama tadi. Lalu masukkan juga mentaga yang sudah dicairkan. Aduk-aduk hingga rata. Diamkan hingga menggelembung.

Setelah anda membuat adonan martabak dan diamkan selama berjam-jam. Saatnya anda mencetak martabak. Anda bisa mencetak martabak di teflon sedang jika tidak ada cetakan martabak. Nah anda cetak dengnan api kecil. Setelah setengah matang, anda berikan gula di setiap bagian sedikit saja. Setelah itu matang angkat, tuangkan susu kental manis, ceres dan kacang tanah yang telah disangrai terlebih dahulu. Lipat dan sajikan untuk keluarga.

  1. Martabak Manis Dengan 5 Varian Topping

Inovasi martabak manis bisa anda lakukan dengan membuat topping yang berbeda-beda. Anda bisa membuat toppingnya juga menjadi beranega ragam. Bahan-bahan yang harus anda siapkan untuk martabak 5 varian topping adalah tepung terigu 300 gram, mentega, gula pasir, susu cair, baking soda, telur 3 butir, air 200 ml. Untuk toppingnya anda bisa membeli susu kental manis, marshmallow, cokelat silverqueen, ceres warna-warni, green tea cokelat batangan, dan oreo.

Resep martabak manis dengan 5 varian topping ini dalam pembuatannya adonanya hampir sama. Anda campurkan semua bahan-bahan yang ada di atas. Setelah itu anda diamkan hingga adonannya terdapat gelembung-gelembung. Nah, kemudian sambil menunggu, anda siapkan topping di masih-masih wadah berbeda. Silverquen anda potong-potong kecil-kecil. Begitu juga dengan cokelat green tea. Oreo anda hancurkan. Setelah itu anda cetak di dalam secatakan martabak bisa gunakan teflon. Setelah matang, anda taruh di piring besar. kemudian taburkan cucu kental manis dan toppingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *